Strategi belajar-mengajar adalah "cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa" ne menurut Gerlach dan Ely.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheKTchZMD3_9nWUCf8IfRY72HjtNMNVME79leepESvNGJoRSVey4kAVr99thAI38aj8tUyI8Oi-B_a96J4Z2hqQicA7R9VpnYNoPk3qxE1edncplX2fKNpnot6dDyULKMWqZ1CFtDc5aFV/s320/sekolah_dan_guru.gif)
Agumen itu didukung pula oleh Gropper yang berpendapat senada yaitu strategi belajar-mengajar terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain strategi belajar-mengajar juga merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai.
Tiap tingkah laku yang harus dipelajari perlu dipraktekkan, hal ini mutlak dilakukan lho. Karena setiap materi dan tujuan pengajaran berbeda satu sama lain, maka jenis kegiatan yang harus dipraktekkan oleh siswa memerlukan persyaratan yang berbeda pula.
Menurut Gropper sesuai dengan Ely bahwa perlu adanya kaitan antara strategi belajar mengajar dengan tujuan pengajaran, agar diperoleh langkah-langkah kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Ia mengatakan bahwa strategi belajar-mengajar ialah suatu rencana untuk pencapaian tujuan. Strategi belajar-mengajar terdiri dari metode dan teknik (prosedur) yang akan menjamin siswa betul-betul akan mencapai tujuan, strategi lebih luas daripada metode atau teknik pengajaran.
yuupp,,cukup singkat bukan, dan semoga bermanfaat bagi yang berkepentingan.
alhamdulillah,strategiku smster ne dpt B...
BalasHapushehehe