Sabtu, 12 Juni 2010

LKS MODEL STAD


LEMBAR KERJA SISWA

PERUBAHAN ENERGI GERAK OLEH ANGIN

(Untuk memenuhi tugas matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA)

Oleh :

M. Rosi Prayudi Putra 070210204101

S – 1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2010


LEMBAR KERJA SISWA

(RPP)

Sekolah : SDN Kademangan 01

Kelas / semester : IV / 2

Tema : Energi

Standar kompetensi :

Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari

Kompetensi dasar :

1. Menjelaskan berbagai energi alternative dan cara penggunaannya

2. Membuat suatu karya / model untuk menunjukan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara

Strategi pembelajaran :

1. Siswa aktif mendengarkan tujuan / manfaat yang didapat dari materi ini.

2. Siswa aktif mendengarkan penjelasan guru terkait materi bentuk – bentuk energy.

3. Siswa membentuk kelompok, dan mendiskusikan contoh pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari – hari

4. Siswa bersama kelompoknya membuat kincir angin, dan parasut (sesuai denga instruksi yang ada pada LKS)

5. Masing – masing anggota kelompok menuliskan hal – hal yang kurang dimengerti dari materi yang dijelaskan / di baca atau pada praktek yang telah dilakukan pada kolom yang ada pada LKS.

6. Siswa dalam kelompok membahas bersama hal – hal yang kurang dimengerti tersebut, dan dijawab pada kolom yang ada pada LKS

7. Kelompok mempresentasikan hasil diskusinya secara singkat

8. Siswa aktif menjawab kuis yang diberikan oleh guru

9. Siswa bersama guru mengevaluasi hasil kuis

10. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan menuliskannnya pada lembar LKS yang ada.


LEMBAR KERJA SISWA

(STAD – STUDENT TEAMS – ACHIEVMENT DIVICIONS)

I. Materi:

Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat di hilangkan. Namun, energy dapat diubah ke dalam bentuk lain. Perubahan energy dapat diakibatkan oleh banyak factor, salah satunya adalah perubahan energy gerak oleh factor udara atau angin. Angin dapat menyebabkan perubahan energy gerak pada beberapa kasus, contonya saja bendera yang berkibar, perahu layar yang dapat mengarungi samudra dan masih banyak lagi contoh – contoh lainnya. Agar nantinya anda semakin memahami materi pelajaran ini, kerjakanlah soal – soal dan praktek kegiatan berikut dengan sebaik – baiknya.

No

Anggota kelompok

1


2


3


4


II. Tugas kelompok membuat kincir angin dan parasut:

A. Membuat kincir angin

1. Alat dan bahan

· Tongkat kayu sepanjang 25 cm

· Kertas karton ukuran 15 x 15 cm

· Gunting

· Pensil

· Paku payung


2. http://www.crayonpedia.org/wiki/images/e/ea/Penerapan_E_3.jpgCara kerja

a. Gambarlah pada kertas karton dua garis menyilang dengan pensil. Pada bagian tengah dari pertemuan kedua garis silang, buatlah lubang kecil.

b. Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros. Berhati-hatilah menggunakan gunting. Jangan sampai melukai tanganmu

c. Tekuklah bagian yang telah digunting ke arah poros dan tusukkan paku payung di bagian porosnya.

d. Tusukkan paku payung pada sebatang kayu.

e. Kemudian, berlarilah dengan mengarahkan kincir angin ke depan, atau tiuplah kincir angin dari berbagai arah

III. Tulislah meteri – materi yang belum dimengerti pada kolom berikut dan mintalah jawaban pada teman anda. Tulislah jawaban tersebut pada kolom yang telah disediakan

No.

Pertanyaan

Jawaban

Nama penanya

Pertanyaan

Nama penjawab

Jawaban






















B. Setelah melakukan percobaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.

  1. Tiuplah kincir dari arah samping. Apakah kincir bergerak?

……………………………………………………………………………

  1. Tiuplah kincir dari arah belakang. Apakah kincir bergerak?

……………………………………………………………………………

  1. Bawalah kincir berlari. Apa yang terjadi?

……………………………………………………………………………

  1. Mengapa kincir angin tersebut dapat berputar?

…………………………………………………………………………...

  1. Bagaimanakah hubungan arah angin dengan perputaran kincir angin?

…………………………………………………………………………..

Nilai

Paraf guru




B. Membuat parasut

1. Alat dan bahan

  • Gunting/Silet
  • Jangka
  • Kantong plastik atau sejenisnya
  • Benang
  • Pemberat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKkcXC0XH3lqBAoG_Fdi0_bXVFEY9P0ix2rQn4wav_yWSE1UmrKyYXdfPur7ZtdZ8vqWy0cP4d-ixRZPeAWQPdiBFSEXeE1mEZAesPch0U6NNj0ev17xLRLDNNd63MLaKQkn_TDzQm2q9A/s320/1)+Guntingan+kantong+plastik29112009487.jpg2. Langkah kerja

1. Bentuk garis melingkar pada kantong plastik dengan menggunakan jangka. Berdiameter 10 cm sampai 30 cm atau sesuai dengan yang di inginkan

2. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEio5PaduwySpigRXwZ_RCoXfHZEg0rv9BaTOXgy9X8BQ1ExNldaVuL32nvoK8VLpAn-sZ8a2r4ax20o2X7z4OqeCEdoAI85r6UnloLOoN-psv-DgzECpMCSsbKO5TGwzCCgbiStGnloN2ew/s320/2)+Ikatan+benang+pada+plastik9112009492.jpgGunting kantong plastik sesuai dengan garis melingkar

3. Buat lubang-lubang kecil di tepi lingkaran dengan menggunakan ujung jangka. Buat sebanyak 8-16 lubang.

4. Potong benang sepanjang 10-40 cm sebanyak lubang yang dibuat tadi.

5. Masukkan dan ikat benang ke lubang-lubang parasut satu persatu

6. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEulQfFLmXmZrOa-BxvX15cgwbY8GOez6DBYxxRAwe573RwtWp9Jp6NQWv2uan7zQrdKkgKwhmcj-jGhyqvz2lHCnDiFUoj0e77ih1Yh4XOoO8nnSwr_fa7Z5TFC5iP7So2C1dY7e6kqwf/s320/3)+Lipatan+parasut9112009496.jpgSetelah semuanya terpasang kemudian rapikan benang dan ikat ujung benang-benang menjadi satu.

7. Ikat tali parasut pada pemberat yang disediakan

8. Terakhir, lipat parasut bersama pemberat, kemudian lemparkan ke udara


IV. Tulislah meteri – materi yang belum dimengerti pada kolom berikut dan mintalah jawaban pada teman anda. Tulislah jawaban tersebut pada kolom yang telah disediakan

No.

Pertanyaan

Jawaban

Nama penanya

Pertanyaan

Nama penjawab

Jawaban





















a. Jawablah pertanyaan berikut

a. Apa yang terjadi setelah parasut di lempar ke udara

……………………………………………………………………….

b. Apakah parasut jatuh dengan cepat ke bumi?

………………………………………………………………………

c. Apa fungsi parasut?

………………………………………………………………………

d. Mengapa parasut harus berbentuk seperti payung?

…………………………………………………………………........

e. Energi / gaya apa yang dimanfaatkan oleh parasut?

………………………………………………………………………

Nilai

Paraf guru



V. Kesimpulan apa yang anda dapatkan dari materi pelajaran ini sekaligus praktek kegiatan yang sudah dilakukan.

Kesimpulan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komen2 kamu di sini