Jumat, 22 Januari 2010

Strategi Belajar - Mengajar

Sebagian dari kita mungkin lagi bingung dengan yang namanya Strategi belajar - mengajar. Nah, disini bakal sedikit di kemukakan pengertian dari strategi belajar - mengajar.

Strategi belajar-mengajar adalah "cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa" ne menurut Gerlach dan Ely.

Kemudian di tambahkan lagi oleh Dick dan Carey yang menjelaskan bahwa strategi belajar-mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya.
Agumen itu didukung pula oleh Gropper yang berpendapat senada yaitu strategi belajar-mengajar terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain strategi belajar-mengajar juga merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai.

Tiap tingkah laku yang harus dipelajari perlu dipraktekkan, hal ini mutlak dilakukan lho. Karena setiap materi dan tujuan pengajaran berbeda satu sama lain, maka jenis kegiatan yang harus dipraktekkan oleh siswa memerlukan persyaratan yang berbeda pula.

Menurut Gropper sesuai dengan Ely bahwa perlu adanya kaitan antara strategi belajar mengajar dengan tujuan pengajaran, agar diperoleh langkah-langkah kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Ia mengatakan bahwa strategi belajar-mengajar ialah suatu rencana untuk pencapaian tujuan. Strategi belajar-mengajar terdiri dari metode dan teknik (prosedur) yang akan menjamin siswa betul-betul akan mencapai tujuan, strategi lebih luas daripada metode atau teknik pengajaran.

yuupp,,cukup singkat bukan, dan semoga bermanfaat bagi yang berkepentingan.

1 komentar:

Tuliskan komen2 kamu di sini